A.Mengapa dan Apa itu IMK ?
Dalam Lingkup IMK, Interaksi adalah
komunikasi antara user dengan computer secara langsung maupun tidak
langsung dimana komunikasi langsung melibatkan dialog dengan umpan balik
(Feedback) dan kontrol selama pelaksanaan tugas atau kerja sedangkan
kalau komunikasi tidak langsung dapat berupa background process atau
proses batch.
Sedangkan, User/Manusia adalah
manusia individu, manusia yang berkelompok dalam bekerja sama atau
sekumpulan manusia dalam suatu organisasiyang menghadapi sebagian dari
tugas atau proses dan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan
tersebutdengan menggunakan teknologi.
Dan Komputer adalah
Teknologi dari desktop sampai system komputer besar, system
pengontrolan proses atau system embedded yang dapat mencakup komponen
non komputer, termasuk orang.
Jadi, kesimpulannya dari IMK adalah
suatu sistem interaksi/interface yang secara artistik baik dan mampu
memenuhi kebutuhan tugas user (Perpaduan seni dan sains secara
menyeluruh). Mekanisme interaksi antara user dengan paket word
processing yang banyak digunakan, umumnya berbasis menu dan
dikelompokkkan untuk merefleksikan fungsi yang dilakukan submenu
tersebut.IMK melibatkan desain, implementasi dan evaluasi system
interaktif dalam konteks tugas dan pekerjaan user.
B.Siapa saja yang terlibat dalam IMK
IMK
merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu.
Designer sistem interaktif yang ideal harus memiliki keahlian diberbagai
bidang seperti :
1.Psikologi dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
2.Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan/karakteristik fisik user.
3.Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
4.Ilmu komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan.
5.Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
6.Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface.
7.Technical writing agar mampu membuat manual.
8.Dan lain-lain.
1.Psikologi dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
2.Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan/karakteristik fisik user.
3.Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
4.Ilmu komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan.
5.Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
6.Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface.
7.Technical writing agar mampu membuat manual.
8.Dan lain-lain.
Ketika komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan sangat tidak praktis. Hal demikian karena waktu itu komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai dikalangan tertentu, misalnya para ilmuwan atau ahli-ahli teknik.
Setelah komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya).
Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokkan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai(user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
Kesimpulan : IMK itu adalah dimana saat manusia melakukan pekerjaan bersama sama dengan menggunakan komputer.
Hampir seluruh pekerjaan yang berinteraksi komputer, contohnya seperti design grafis dan lain lain.
Sumber : http://shanbastian.blogspot.com/2011/03/mengapa-dan-apa-imk.html
1 komentar:
visit my site: http://anime4fun.com
Posting Komentar