ANALISIS TUGAS
A. Analisis Tugas
• Proses menganalisis dan menggambarkan bagaimana manusia melaksanakan tugas / pekerjaannya, apa saja yang dilakukan / peralatan apa yang digunakan dan hal-hal apa saja yang perlu diketahui.
• Memeriksa tugas-tugas user untuk mengetahui dengan baik apa yang dibutuhkan user dari interface dan bagaimana mereka akan menggunakannya.
Komponen
• Ada tiga komponen kunci bagaimana manusia bekerja:
Aktivitas
Artifak
Hubungan
• Jangan hanya melihat pada sistem komputer saja dan interaksinya.
• Mempelajari proses yang berhubungan dan objek pada lingkungan dimana manusia akan menggunakannya dan membutuhkannya. Contoh: lingkungan kantor – kertas, papan tulis, dll.
Input & Output
-Pengumpulan Data.
-Representasi Data.
Dokumentasi
- Lebih sering memuat penjelasan bagaimana tugas akan dikerjakan (dari pada bagaimana mereka akan mengerjakan tugas sekarang ini).
Contoh Pengelompokkan tugas
- Fixed sequence
- Optional tasks
- Waiting events
- Cycles
- Time-sharing
- Discreationary
Kesimpulan : Anasila Tugas adalah sebuah Proses untuk menganalisa yang di kerjakan oleh manusia, dengan menggunakan komputer, tugas tersebut akan cepat selesai.
Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.
A. Analisis Tugas
• Proses menganalisis dan menggambarkan bagaimana manusia melaksanakan tugas / pekerjaannya, apa saja yang dilakukan / peralatan apa yang digunakan dan hal-hal apa saja yang perlu diketahui.
• Memeriksa tugas-tugas user untuk mengetahui dengan baik apa yang dibutuhkan user dari interface dan bagaimana mereka akan menggunakannya.
Komponen
• Ada tiga komponen kunci bagaimana manusia bekerja:
Aktivitas
Artifak
Hubungan
• Jangan hanya melihat pada sistem komputer saja dan interaksinya.
• Mempelajari proses yang berhubungan dan objek pada lingkungan dimana manusia akan menggunakannya dan membutuhkannya. Contoh: lingkungan kantor – kertas, papan tulis, dll.
Input & Output
-Pengumpulan Data.
-Representasi Data.
Dokumentasi
- Lebih sering memuat penjelasan bagaimana tugas akan dikerjakan (dari pada bagaimana mereka akan mengerjakan tugas sekarang ini).
Contoh Pengelompokkan tugas
- Fixed sequence
- Optional tasks
- Waiting events
- Cycles
- Time-sharing
- Discreationary
B. SUMBER DAN PENGGUNAAN INFORMASI
Sumber informasi adalah data. Data merupakan bentuk yang
masih mentah dan perlu diolah lebih lanjut. Data terdiri dari fakta-fakta dan
angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai, tetapi dapat diolah
melalui suatu model untuk dihasilkan informasi.
· -Kelompok dalam
Informasi : Informasi Strategis, Informasi Taktis, Informasi Teknis
· -Informasi yang
Berkualitas : Akurat, Tepat Waktu, Relevan.
Fungsi informasi suatu organisasi
adalah suatu fungsi informasi bagi suatu organisasi yaitu memberikan kejelasan
mengenai sesuatu hal yang sudah, sedang dan yang akan dihadapi oleh organisasi.
C.Data
Input Output
I/O adalah suatu mekanisme pengiriman data secara
bertahap dan terus menerus melalui suatu aliran data dari proses ke peranti
(begitu pula sebaliknya). Fungsi :Fungsi i/o Pada dasarnya adalah
mengimplementasikan algoritma I/O pada level aplikasi. Hal ini dikarenakan
kodeaplikasi sangat fleksible, dan bugs aplikasi tidak mudah menyebabkan sebuah
sistem crash.
Port I/O yang berarti gerbang konektor Input/Output
pada komputer, seperti pada keyboard,mouse paralel/serial ataupun
USB.Menyediakan koneksi untuk piranti eksternal seperti kamera digital, printer
dan scanner.
Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem
mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan
dunia luar.
Unit input adalah unit luar yang
digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya
data yang berasal dari keyboard atau mouse.
Unit output biasanya digunakan
untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang
dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
Peralatan Input :
a)
Keyboard
b)
Mouse
c)
Joystick
d)
Scanner
e)
Lightpen
f)
Trackball
g)
Touch Sreen
h)
Magnetic Ink Character Reader (MICR)
i)
Optical Character Reader (OCR)
j)
Optical Mark Recognition (OMR)
Reader
k)
dll
PeralatanOutput :
a) Monitor
b) Printer
c) Speaker
D.Evaluasi & Cognitive
Evaluasi
adalah suatu tes atas tingkat penggunaan dan fungsionalitas system yang
dilakukan di dalam laboratorium, di lapangan, atau di dalam kolaborasi dengan
pengguna. Yang dievaluasi pada interaksi manusia dan komputer adalah desain dan
implementasinya. Evaluasi sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan semua
tahapan siklus hidup desain.
Evaluasi memiliki tiga tujuan utama, yaitu :
1. Melihat seberapa jauh system berfungsi
Mencakup kesesuaian penggunaan system terhadap harapan user pada tugas tersebut.
Evaluasi pada tahap ini meliputi pengukuran unjuk kerja dari user pada system, untuk melihat
keefektifan system dalam mendukung tugas.
2. Melihat efek interface bagi pengguna
Mencakup aspek dari kemudahan system dipelajari, daya guna dan perilaku user.
3. Mengidentifikasi problem khusus yang terjadi pada system
Ketika penggunaan suatu konteks memberikan hasil yang tidak diinginkan, atau terjadi
kekacauan di antara user. Tujuan ini merupakan aspek negatif dari desain.
Evaluasi memiliki tiga tujuan utama, yaitu :
1. Melihat seberapa jauh system berfungsi
Mencakup kesesuaian penggunaan system terhadap harapan user pada tugas tersebut.
Evaluasi pada tahap ini meliputi pengukuran unjuk kerja dari user pada system, untuk melihat
keefektifan system dalam mendukung tugas.
2. Melihat efek interface bagi pengguna
Mencakup aspek dari kemudahan system dipelajari, daya guna dan perilaku user.
3. Mengidentifikasi problem khusus yang terjadi pada system
Ketika penggunaan suatu konteks memberikan hasil yang tidak diinginkan, atau terjadi
kekacauan di antara user. Tujuan ini merupakan aspek negatif dari desain.
Cognitive Walkh Through
Bertujuan untuk mengevaluasi
perancangan dengan melihat seberapa besar dukungan yang
diberikan ke pengguna guna memelajari berbagai tugas yang diberikan. Pendekatan ini
dikemukakan oleh Polson.
diberikan ke pengguna guna memelajari berbagai tugas yang diberikan. Pendekatan ini
dikemukakan oleh Polson.
-Pemodelan User
Pengguna dari sebuah
aplikasi tersebut .
-Model Kognitif ( GOMS, CCT,
Context Based )
Model Kognitif adalah sebuah
model yang di rancang dari cara
kerja user,untuk mengetahui bagaimana user akan berinteraksi dengan
interface
Komponen:
- membentuk beberapa aspek
dari pemahaman user, pengetahuan, maksud dan pemrosesan
- beragam dalam level
representasi :rencana dan pemecahan masalah tingkat tinggi, sampai ke aksi
motorik tingkat rendah (mis: keypress).
Kesimpulan : Anasila Tugas adalah sebuah Proses untuk menganalisa yang di kerjakan oleh manusia, dengan menggunakan komputer, tugas tersebut akan cepat selesai.
Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar